Rabu, 21 Maret 2012

Sabrianti A - 105104054


Tugas ke 2

Pertanyaan: Yang manakah terlebih dahulu, bahasa atau pikiran ?
Menurut saya, Pada hakikatnya bahasa dan pikiran saling memengaruhi. Namun yang lebih dulu adalah pikiran, kemudian bahasa. Bahasa adalah hasil olahan pikiran, apa yang ada dalam benak atau pikiran manusia dapat muncul tanpa didahului oleh peran bahasa. Kemampuan manusia untuk berpikir muncul lebih awal dibandingkan kemampuan menggunakan bahasa.  Sejalan dengan teori Jean Piaget yang mengatakan bahwa pikiranlah yang membentuk bahasa. Pikiranlah yang membentuk aspek-aspek sintaksis dan leksikon bahasa, bukan sebaliknya.
Contoh pikiran memengaruhi bahasa, ketika saya berada dalam situasi Ujian Semester, terlebih dahulu saya memikirkan apa yang ada dibenak atau pikiran saya, kemudian saya tuangkan pada lembar jawaban dalam bentuk tulisan/bahasa saya. Jadi, tanpa pikiran terlebih dahulu saya tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan saat ujian semester.
                                                                                                                                                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar