Kamis, 08 Maret 2012

Ayu Pratiwi Ahmad - 105104034


Tugas 1
1. Apakah bahasa memengaruhi perilaku manusia ?
2. Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari mengenai :
a.       bahasa dan realita
b.      bahasa dan perilaku

Jawab
1.      Iya. Karena bahasa pada dasarnya memiliki fungsi-fungsi tertentu yang digunakan berdasarkan kebutuhan seseorang,yakni sebagai alat mengekspresikan diri, sebagai alat untuk berkomunikasi, sebagai alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi sosial dalam lingkungan atau situasi tertentu, dan sebagai alat untuk melakukan kontrol sosial (Keraf,1997 : 3). Sedangkan perilaku manusia adalah sekumpulan perilaku yang dimiliki oleh manusia dan dipengaruhi  oleh adat, sikap, emosi, nilai, etika, kekuasaan, persuasi, dan/atau genetika (Wikipedia). Maka melihat dari keseluruhan pandangan tersebut, dapat disimpulkan jika perilaku manusia dapat tercermin dari penggunaan bahasa yang digunakannya sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan melihat diksi dan intonasinya.
2.      Contoh :
a.       bahasa dan realita
Ketika saya menyuruh adik saya mengambil guling maka yang akan dibawakan oleh adik saya adalah sebuah benda yang empuk dan berbentuk silinder yang panjang.
b.      bahasa dan perilaku
Ketika salah satu mahasiswa di kampus saya sedang melintas di hadapan teman saya kemudian berkata ‘tabe’ maka tanpa mengenal lebih dalam pribadi orang tersebut saya bisa berargumen jika orang tersebut  adalah orang yang sopan dan berperilaku halus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar