Selasa, 20 Maret 2012

Ayu Pratiwi Ahmad - 105104034

Tugas 2
Keterkaitan Bahasa dan Pikiran

Pertanyaan:
Mana yang terlebih dahulu, bahasa atau pikiran?

Jawaban:
Menurut saya, sejalan dengan teori Jean Piaget yang menyatakan bahwa pikiran terlebih dahulu dibanding bahasa karena bahasa merupakan reprentasi dari pikiran, saya pun menyatakan jika yang terlebih dahulu adalah pikiran dibanding bahasa yang kemudian saya kaitkan dengan kehidupan saya. Misalnya, ketika saya ingin menuliskan sesuatu (misalnya dalam blog) saya tentu terlebih dahulu memikirkan apa yang ingin saya tuliskan. Saya terlebih dahulu membentuk konsep dalam pikiran saya mengenai kode-kode bahasa yang akan saya susun dan kemudian saya bahasakan dalam tulisan yang saya buat. Berdasarkan contoh tersebut, saya mampu memahami dengan nyata bahwa bahasa merupakan representasi pikiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar